Kamu Mudah Marah? Kendalikan dengan Cara Ini!

Setiap orang tentu pernah marah. Ada berbagai sebab yang menyebabkan seseorang marah. Lalu, apa jadinya jika terlalu sering marah? Tentu emosi yang berlebihan ini tidak baik untuk dibiarkan berlama lama menguasai jiwa. Karena selain merugikan orang lain, mudah marah juga merugikan diri sendiri, terutama pada kesehatan.

Kampus Psikologi

kampus psikologi.com

Oleh karena itu, jika kamu termasuk salah satu yang mengalami hal ini, segera kendalikan dengan langkah langkah berikut ini.

  1. Berhitung

Siapa yang berpikir jika berhitung dapat mengendalikan emosi? Tentu saja bisa. Saat kamu berhitung, denyut nadi kamu akan menurun, sehingga emosi juga memungkinkan turut reda. Berhitunglah mulai angka 1 sampai 10. Jika belum berhasil, lanjutkan hingga 50 atau 100 sampai emosimu mereda.

  1. Olahraga

Lakukan olahraga yang kamu suka dengan perasaan se-relaks mungkin. Membiasakan olahraga dapat mengalihkan pikiran emosi kepada hal hal yang positif. Kebugaran dan kesegaran tubuh juga membuat perasaan lebih baik.

  1. Mendengarkan musik

Cara jitu lainnya adalah dengan mendengarkan musik. Putar musik kesukaan kamu dan dengarkan dengan santai. Nikmati musik dengan perasaan yang menyenangkan sehingga kamu tenang dan lupa dengan emosi baru saja menguasai.

  1. Jangan bicara

Diam atau berkata yang baik. Lebih baik diam dan tahan untuk bicara, karena bicara pada saat marah biasanya justru semakin memancing emosi.

Lakukan hal hal tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi yang memungkinkan untuk kamu coba ya. Kamu juga bisa mencoba satu demi satu dengan waktu yang berbeda. Akan tetapi, jika kamu belum berhasil dengan cara cara mandiri, segera pergi ke psikiater untuk konsultasi ya. Selain itu, kamu juga bisa baca berbagai informasi psikologi di Kampus Psikologi.com tentunya.

Tahukah kamu? Kampus Psikologi.com menyediakan ratusan artikel yang membahas tentang kesehatan mental. Situs ini dibuat dengan tujuan agar masyarakat Indonesia mendapatkan informasi kesehatan mental secara lengkap.

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Kampus Psikologi.com untuk memperoleh update masalah psikologi berkualitas dan terkini. Apapun masalah psikologi yang ingin kamu ketahui, kamu bisa mencarinya di KampusPsikologi.com.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *