Cara Menghitung Luas Atap Untuk Estimasi Biaya Bongkar Atap

Bagi mayoritas masyarakat yang awam di bidang konstruksi dan bangunan, menghitung estimasi biaya bongkar atap tidaklah mudah. Pasalnya, cara menghitung luas atap pun tidak semudah menghitung luas bangunan rumah. Hal itu sering kali menjadi kendala bagi Bapak / Ibu yang ingin merenovasi atap rumah, namun tidak dapat memperkirakan biayanya sebelum melakukan pembongkaran. Alhasil, terkadang terjadi pembengkakan biaya di luar yang diperkirakan.

biaya bongkar  atap

Sebenarnya, menghitung estimasi biaya bongkar atap tidaklah serumit yang kita bayangkan. Asalkan kita mengetahui caranya dan tentu saja mampu menggunakan kalkulator sebagai alat bantu hitung. Di sini, tim renovatap akan membantu Bapak / Ibu yang kesulitan menghitung estimasi biaya renovasi atap dengan cara menghitung luas atap.

Yuk, simak dan ikuti cara menghitung luas atap untuk estimasi biaya bongkar / renovasi atap rumah berikut ini.

  1. Langkah pertama, tentukan ukuran rumah yang atapnya hendak direnovasi

Jika Bapak / Ibu sudah memiliki sertifikat rumah dan hendak merenovasi seluruh atap rumah, Bapak / Ibu bisa berpatokan pada ukuran yang ada di dalam sertifikat. Akan tetapi, jika Bapak / Ibu hanya akan merenovasi atap sebagian saja, misal bagian teras saja, bagian dapur saja, atau atap utama saja, maka Bapak / Ibu bisa mengukur ulang secara manual.

  1. Langkah kedua, hitung luas datar atap

Jika semisal luas rumah yang hendak direnovasi adalah 8m x 10m, dengan tambahan overstek keliling selebar 1m, maka luas datar menjadi 10m x 12m = 120 .

  1. Langkah ketiga, hitung luas miring atap

Untuk mendapatkan luas miring atap, caranya adalah luas datar dibagi dengan cosinus kemiringan yang diinginkan. Misal kemiringan yang digunakan adalah 30 derajat, maka luas datar dibagi dengan cosinus 30, yakni 0,866. Sehingga luas miring 120/0,866 = 139 . Nah, itulah luas atap yang kita cari.

Jika luas atap sudah diperoleh, maka tinggal dikalikan dengan harga renovasi per meternya. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Selamat mencoba di rumah, ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *